7.3.12

Menabung ayo kita menabung... emas...

Sesuai yang saya janjikan (dua hari yang lalu, di plurk), saya akan menulis hari ini (harusnya dua hari yang lalu)…

Berhubung pernah ada permintaan untuk menuliskan tentang menabung emas sebagai investasi jangka panjang, maka saya akan menuliskannya deh… Disclaimer: tidak ada proses promosi sama sekali dalam blog ini

Menabung emas, sesuatu yang diidam-idamkan semua manusia tidak seperti menabung uang di bank, perlu pertimbangan yang lebih cermat. Tiada mungkin kita menabung semua harta yang kita miliki dalam bentuk emas, karena tidak bisa diuangkan dengan sangat cepat (meski mungkin bisa diuangkan dengan cepat), tetap perlu ada uang dalam bentuk tabungan di bank atau uang cash yang bisa diambil sewaktu-waktu, dalam jumlah yang cukup (menurut beberapa sumber sih, pastikan ada uang sekitar 20-30% penghasilan bulanan dalam tabungan kita).

Setelah mengecek-ngecek beberapa tempat yang menjual emas (secara online), akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada dinar yang merupakan emas 4.25 gram 22 karat, di geraidinar. Beberapa alasan saya memilih dinar, dan lebih jauhnya, geraidinar, dibandingkan emas adalah:

  1. Selisih nilai jual dan nilai beli yang masih masuk akal. Emas, dengan variasi massa dari 1 gram sampai 1000 gram, memiliki selisih nilai jual dan beli yang bervariasi pula. Pembelian emas dalam pecahan kecil (1 gram) akan menyebabkan selisih ini cukup besar (bisa sampai 10%), sedangkan pembelian dalam jumlah sangat besar dapat meminimalkan selisih ini (bisa serendah 0.1%). Dinar (di geraidinar) berada di tengah-tengah keduanya, selisih nilai jual dan nilai beli sekitar 4%.
  2. Biaya cetak. Dari sekitar 10 situs tempat penjualan emas, semuanya memberikan biaya tambahan untuk penjualan emas (atau pembelian, jika dilihat dari sisi konsumen), biaya ini pun akan hilang (tidak dihitung lagi) saat emas itu sudah jadi. Sehingga selisih nilai jual dan nilai beli masih harus ditambahkan oleh biaya cetak ini. Lain halnya dengan geraidinar, dengan biaya cetak akan selalu dimasukkan di nilai dinar itu sendiri.
  3. Keterpusatan. Setelah memutuskan akhirnya memilih dinar instead of emas, saya perhatikan bahwa semua situs penjual dinar ini ujung-ujungnya bermuara ke geraidinar, alias semua dinarnya dibuat di geraidinar juga.
  4. Tingkat kepercayaan. Selain dapat rekomendasi dari teman saya yang menjadi direktur suitmedia (sekaligus penabung di geraidinar juga), pemilik geraidinar ini juga masih merupakan saudara dari mantan direktur suitmedia, yang sekarang menjadi direktur bukalapak.
  5. Kemudahan (dan keuntungan) menjual (dari sisi konsumen). Menjual emas, walau kabarnya gampang, tetap perlu usaha, yang tiada sedikit (kecuali jika koneksinya sudah banyak mungkin). Menjual dinar di geraidinar (walau saya belum pernah) akan jauh lebih mudah. Tinggal titipkan dinarnya ke geraidinar, maka mereka akan menjual ke calon konsumen berikutnya dengan harga 1% kurang dari nilai jual mereka, sejauh ini saya selalu melihat dinar 1% less (istilah untuk dinar dengan harga 1% kurang ini) laku dalam waktu kurang dari 48 jam. Uang yang akan kita peroleh (sebagai penjual sebenarnya) adalah nilai tengah dinar (jadi pihak geraidinar juga mendapat untung 1%), dan di sinilah letak "keuntungannya", karena kita masih akan memperoleh uang 2% lebih daripada nilai beli emas.
  6. Bagi hasil. Jika kita cukup percaya (termasuk saya), tidak usah ambil dinar kita terlebih dahulu, biarkan pihak geraidinar menyimpannya, lumayan ada bagi hasilnya, walau tidak terlalu besar
Akan tetapi, dengan segala alasan itu, tetap perlu diperhatikan bahwa menabung dinar (atau emas, pada umumnya) bukanlah tipe menabung cepat (hari ini beli besok jual, bahkan sebaiknya selisih waktu beli dan jual > 1 tahun), jadi ingat-ingat untuk selalu menyimpan uang siap-ambil. Dan satu lagi, menabung emas (atau dinar, pada khususnya, capek ya dibolak-balik segala) jangan dijadikan sumber penghasilan utama, jangan pernah. Tetaplah bekerja (berdagang misalnya), karena umumnya tetap jauh-jauh lebih menguntungkan. Sekian info seputar dinar dan emas ini, semoga berguna :)

2 comments:

  1. menabung untuk masa depan lebih baik :D

    ReplyDelete
  2. wah waah, menarik... saya ada pertanyaan, tp via japri aja deh. haha :D

    ReplyDelete